Monday, January 17, 2022

Pembelajaran Robotic LEGO Mindstroms EV3 Part. 03

Konektor

Sensor dihubungkan ke EV3 Brick menggunakan suatu 6-position modular  connector  yang  mengutamakan kedua  antarmuka digital dan analog. Antarmuka  yang  analog  adalah  backward-compatible  (dengan  menggunakan suatu adapter) dengan Robotics Invention System yang lama. Antarmuka yang digital mampu untuk kedua komunikasi I2C dan RS-485. 


 Tabel EV3 sensor interface pin-out

Pin

Name

Function

Colour

1.

ANALOG

Analog interface, +9V Supply

White

2.

GND

Ground

Black

3.

GND

Ground

Red

4.

IPOWERA

+4.3V Supply

Green

5.

DIGIAI0

I2C Clock (SCL),RS-485 B

Yellow

6.

DIGIAI1

I2C Data (SDA), RS-485 A

Blue

 

Komponen Tambahan

Selain komponen utama, ada juga komponen tambahan untuk membuat robot lego mindstorms EV3. Komponen-komponen yang terdapat di robot lego mindstorms EV3 secara lengkap, dapat dilihat pada Gambar 2.7 :

 

Gambar Komponen tambahan EV3


Program EV3

Untuk menjalankan robot EV3, pertama-tama kita harus memprogram robot tersebut dengan program yang telah disediakan oleh vendor LEGO. Ada banyak  bahasa pemrograman  yang  dapat  digunakan untuk  memprogram EV3, salah satunya adalah EV3-G. EV3-G atau LEGO MINDSTORMS Education EV3 adalah software untuk memprogram EV3 Brick dari komputer yang dapat dilakukan secara grafikal. Perangkat lunak ini cukup untuk pemrograman dasar, seperti driving  motor, membuat  sensor sebagai input, proses perhitungan, dan mempelajari struktur program sederhana dan aliran kontrol.

MINDSTORMS  EV3  digunakan  untuk  menciptakan  perangkat  lunak yang   mengendalikan  tindakan  dari  perangkat   keras   robot.   Software   EV3

MINDSTORMS adalah suatu sistem instruksi assembling visual/icon. Aliran arah yang pada umumnya bergerak dari kiri ke kanan.

Dalam program EV3-G, layar ditampilkan di waktu startup disebut Lobby.   Lobby adalah menu untuk mengakses setiap fungsi dari program EV3-G, pada tampilan lobby terdapat pilihan berikut:

1. Lobby Tab - Tombol ini selalu mengembalikan ke tampilan Lobby.

2. Activity Overview - Di sini dapat mengakses, mengatur, dan konten pratinjau dan memulai dengan sebuah project.

  • Building instructions untuk Core Model.
  • Quick  Start  terdapat  video  pengenalan  dan  Panduan Pengguna EV3.
  • File  management  untuk  memulai  sebuah  proyek  baru atau membuka yang sudah ada.
  • Educator   Robot   terdapat   48   tutorial   langkah   demi langkah yang menjelaskan bagaimana menggunakan Software dan Hardware EV3.

3. View - Tombol ini akan membawa kembali ke Umum Kegiatan.

4. Search   -   untuk   mencari   proyek   dengan   konten   tertentu menggunakan opsi filter yang berbeda.


Gambar  Tampilan Program EV3-G

Ketika membuka program baru atau percobaan,  maka secara otomatis akan membuat file folder project. Semua program, eksperimen, gambar, suara, video, instruksi, dan aset lainnya yang digunakan dalam suatu project akan secara otomatis disimpan dalam folder project ini, dapat dilihat pada Gambar dibawah ini

 
Gambar Tampilan Tabs Project, Program and Experiment


Properti Project pada Gambar diatas meliputi:

1. Project Description – Untuk memberikan judul dan menggambarkannya, lalu masukkan setiap gambar dan video yang kita ingin muncul di Lobby ketika project akan dilihat terlebih dulu.

2. Project Content Overview – Disini kita akan menemukan semua aset termasuk dalam projetc: misalnya, program, eksperimen, gambar, suara, dan Blok kita.

3. Daisy  Chain  Mode  –  Pada  Daisy  Chain  Mode  memungkinkan  kita  untuk memprogram hingga empat Bricks EV3 yang terhubung sekalipun dengan  cara mencentang kotak Daisy Chain Mode.

Gambar Halaman Tampilan Project

EV3-G seperti pada Gambar diatas memiliki format grafis berbasis intuitif yang mana pengguna dari 10 hingga 100 tahun dapat dengan cepat belajar dan berhasil  menggunakan.  Lingkungan  program  EV3-G  terdiri  dari  area  utama sebagai berikut:

1. Programming Canvas —  Tampilan program lay out.

2. Programming Palettes — Terdapat bangunan blok untuk program.


4. Page Hardware — Untuk membangun dan mengelola komunikasi   dengan EV3 Brick, melihat posisi motor dan sensor yang terhubung. Page hardware tempat untuk men-download program ke EV3 Brick.

5. Content Editor — Sebuah buku kerja digital yang diintegrasikan ke dalam perangkat lunak. Instruksi atau dokumen project dapat menggunakan teks, gambar, dan video.

6.  Programming Toolbar — Terdapat dasar program dan alat bantu EV3-G. 

Gambar  Lingkungan Program EV3-G


Programing Blocks dan Palettes

Semua blok pemrograman yang digunakan untuk mengendalikan robot berada di Programming Palettes pada bagian bawah Programming Canvas. Blok Pemrograman dibagi ke dalam kategori sesuai dengan jenis dan sifat, sehingga mudah untuk menemukan blok yang dibutuhkan.

Untuk sekilas video pemrograman, bisa dilihat di bagian Quick Start dari Lobby dan juga dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang bagaimana program di  teks help pada  EV3-G.  Pada Programming  Palettes  terdapat  blok program sebagai berikut:

Gambar Action Blocks 

Pada Action Blocks terdapat block program untuk Motor Medium, Motor Large, Move Steering, Move Tank, Display, Sound, Brick Status Light.

Gambar Flow Control

Bagian Flow Control berisikan block Start, Wait, Loop, Switch, Loop Interrupt. Block ini biasa digunakan untuk memprogram robot.

Gambar Block Sensor

Pada block Sensor terdapat block Brick Buttons, Sensor Colour, Sensor Gyro,  Sensor  Infrared,  Motor  Rotation,  Sensor  Temperature,  Timer,  Sensor Touch, Sensor Ultrasonic, Energy Meter, Sensor Sound NXT. 

 Gambar Data Operations

Dibagian  Data  Operations  berisikan  block  Variable,  Constant,  Array Operations, Logic Operations, Math, Round, Compare, Range, Text, Random.


Gambar  Advance Blocks

Pada Advanced terdapat block File Access, Data Logging, Messaging, Bluetooth  Connection,  Keep  Awake,  Raw  Sensor  Value,  Unregulated  Motor, Invert Motor, Stop Program.

 

Gambar My Blocks 

My Block berfungsi ketika kita berulang kali menggunakan bagian yang sama dari sebuah program di banyak program, itu merupakan saat yang tepat untuk membuat My Block.


Data Logging

EV3-G tidak hanya merekam data, tetapi dapat  membantu kita untuk mengatur dan menganalisanya. Data Logging terdiri dari bidang utama sebagai berikut:

1. Graph Area — Untuk melihat dan menganalisa plot data.

2. Configuration Panel — Disini kita menyiapkan eksperimen, mengelola dataset, dan  mendapatkan  akses  ke  Dataset  Perhitungan dan Grafik Programming, fungsi data logging khusus.

 


Gambar Configurasi Panel 

Pada gambar  a di sini kita  mempersiapkan sebuah eksperimen dengan memilih durasi sampel, menilai dan memilih sensor apa yang digunakan untuk mengumpulkan data. Untuk setiap sensor,  kita juga  harus memilih mode sensor, karena sebagian besar sensor dapat memberikan berbagai jenis data.

Pada gambar b dapat  memanipulasi dataset  dan grafik  dengan melakukan berbagai  perhitungan dengan menggunakan angka, fungsi, dan dataset lainnya.  Hasil output  akan ditampilkan berupa sebuah grafik  dan  nilai-nilai dataset.

Pada gambar c membagi bidang grafik kita dalam zona yang berbeda, kita dapat mengaktifkan input sensor untuk memicu atau mengaktifkan output: misalnya, motor atau suara dari EV3 Brick ketika nilai-nilai sensor mencapai tingkat atau ambang tertentu.


3. Hardware Page — Untuk membangun dan mengelola komunikasi dengan EV3 Brick, melihat posisi motor dan sensor yang terhubung. Page hardware tempat  untuk   men-download   program   ke   EV3   Brick.   Tombol   pada pengendali Hardware Page memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Download – Untuk mendownload program ke EV3 Brick.
  • Download  and  Run  –  Mendownload  program  EV3  Brick  dan  segera menjalankan program.
  • Download and Run Selected - Mendownload hanya blok yang disorot ke EV3  Brick dan segera menjalankan program.
  • Upload  –  Meng-Upload  dataset  yang  dikumpulkan dari EV3 Brick  ke Percobaan.


Teks EV3 dalam jendela kecil di atas akan berubah menjadi merah ketika EV3 Brick terhubung ke komputer.

4. Content Editor — Sebuah buku kerja digital yang diintegrasikan ke dalam perangkat lunak. Instruksi atau dokumen project dapat menggunakan teks, gambar, dan video.

5.    Data Logging Toolbar  —  Mencari alat  dasar  grafik dan bereksperimen. 


Gambar Data Logging


Bersambung Part. 04

#Robotic 
#LEGO 
#Mindstroms 
#EV3
#Education
#RoboticLego
#Robotik
#Sensor
#Motor
#robot
#lego mindstorm
#NXT Machine
#NXT Robot
#NXT Brick


Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih. 


No comments:

Post a Comment