Saturday, October 15, 2011

MATERI 01: ROBOTIC - LEGO NXT Maindstorms


I ROBOT
ROBOTIK

KOMPETENSI DASAR

  • Mengenal Lego NXT Mainstorms sebagai media pembelajaran robotika.
INDIKATOR
  • Mengetahui definisi robot dan robotik.
  • Mengetahui penggolongan robot berdasarkan kategori.
  • Mengetahui komponen utama Lego NXT Mainstorms.
  • Mengetahui dasar konstruksi robot.



PEMAHAMAN MATERI
1. Definisi Robot.
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

2. Kategori Robot.
Berdasarkan bentuknya robot digolongkan dalam beberapa kategori, yaitu :

a. Turtle.Diciptakan tahun 1970an dan nama “Turtle” diambil dari bentuknya yang mirip rumah kura-kura seperti tampak pada gambar ilustrasi.
b. Walker.Robot jenis ini tidak dilengkapi dengan roda seperti jenis vehicle dan rover melainkan bergerak dengan menggunakan kaki. Biasanya robot ini berbentuk mirip serangga dan dilengkapi dengan 6 kaki.
c. Vehicle.
Robot jenis ini berbentuk seperti kendaraan yang dilengkapi dengan roda dan bergerak seperti sebuah mobil. Perbedaan dengan mobil adalah kemampuan programmablenya.
d. Appendage.
Robot ini berupa lengan yang biasanya digunakan untuk mengambil dan memindahkan barang. Lengan ini dapat terpasang pada robot yang bergerak atau pada sebuah tempat yang statis.
e. Rover.
Bentuk robot ini cenderung pendek dan juga dilengkapi roda seperti jenis vehicle seperti pada R2-D2 dalam film Star Wars. Robot jenis ini juga dilengkapi beberapa fungsi contohnya kemampuan untuk mendeteksi api atau mendeteksi obyek.
f. Android.
Robot yang dikenal dengan nama “Asimo” ini di desain menyerupai manusia dan mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia.

3. Sistem Pengendalian.
Berdasarkan sistem pengendaliannya, robot dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Automatic Robot.
Automatic Robot bergerak berdasarkan perintah-perintah yang telah diprogramkan sebelumnya atau berdasarkan masukan dari sensor-sensornya.
b. Teleoperated.
Robot jenis ini bergerak berdasarkan perintah-perintah yang dikirimkan secara manual baik melalui remote control, personal computer atau joystick.

4. Definisi Robotik.
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempelajari tentang robot, (mulai dari perancangan, pabrikan dan aplikasinya). Robotik memiliki keterkaitan dengan electronik, mechanik, dan software.


LEGO NXT Maindstorms

Salah satu Robot yang digunakan pada dunai pendidikan yang dilengkapi dengan berbagai kebutuhan untuk robotik. Kemasan microcontroller yang dikemas secara rapi serta kemudahan dalam penggunaan menjadi salah satu keunggulan dari paket robotik Lego NXT Mainstorms seri Education.
Perintah-perintah dalam pembuatan robot (Building Guide Instructions), serta perintah-perintah pemrogrman ( Programming Instructions)yang mudah menjadikan Lego NXT Mainstorms populer di sekolah. Selain itu tentu saja juga banyaknya pengembang yang mencoba untuk memberikan hasil-hasil penemuan pada pembuatan robot dengan Lego melalui dunia internet. Sehingga kita dapat dengan mudah untuk mempelajari robot Lego ini.
Konsep Pembuatan Robot
a. Building
Langkah pertama dalam pembuatan robot adalah melakukan Building (membuat konstruksi) sesuai dengan kebutuhan robot. Pembuatan konstruksi yang benar akan memudah fungsi robot dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu petunjuk-petunjuk dalam building harus diikuti dengan benar.
b. Programming
Setelah pembuatan konstruksi robot selesai langkan selanjutnya adalah membuat program untuk menjalankan robot. Untuk program yang sederhana kita dapat menggunakan NXT Brick, yang didlamnya sudah tersedia layar LCD untuk menentukan program. Sedangkan untuk program yang kompleks atau rumit kita memerlukan bantuan komputer untuk membuat program. Setelah selesai baru kita upload ke NXT Brick.
c. Test
Setelah pembuatan program selesai, robot perlu di tes untuk mengetahui sejauhmana program yang kita buat dapat berfungsi. Jika masih belum sesuai dengan yang kita harapkan maka kita perlu memperbaiki programnya, atau mungkin konstruksinya yang tidak sesuai. Kita perlua melakukan tes berulang-ulang untuk mendapatkan program dan konstruksi yang tepat untuk robot yang kita ciptakan.


Komponen Utama Lego NXT Mainstorms


Keterangan :

A. Touch Sensor : Sensor sentuh
B. Sound Sensor : Sensor suara
C. Ligth Sensor : Sensor cahaya
D. Ultrasonic sensor : sensor jarak
E. NXT Brick
















By: Lego NXT SmartRobo

No comments:

Post a Comment