Friday, December 17, 2010

MATERI 02 : PENGENALAN PERANGKAT KERAS NXT


Lego Mindstorms NXT Robot Kit
PENGENALAN PERANGKAT KERAS NXT

NXT BRICK
Jantung dari dari robot Mindstorms adalah NXT control module, atau lebih terkenal dengan nama NXT Brick. Modul ini dihubungkan dengan komputer melalui USB atau Bluetooth. Software di komputer, yang dikembangkan dari LabView National Instruments, memungkinkan kita untuk membangun rutin-rutin program secara intuitif dengan cara drag and drop blok-blok yang tersedia.







Touch Sensor
Kita dapat menggunakan touch sensor untuk membuat robot mengambil sesuatu: sebuah lengan robot yang dilengkapi dengan touch sensor akan mengetahui apakah sudah menyentuh benda dan mencengkeramnya. Atau, kita dapat menggunakan touch sensor untuk membuat robot bereaksi atas sebuah perintah. Sebagai contoh, dengan menekan touch sensor, robot dapat berjalan, “berbicara”, menutup pintu atau mematikan televisi.



Sound Sensor
Sound Sensor dapat men-deteksi decibel (dB) dan adjusted decibel (dbA). Decibel adalah ukuran dari keras suara. dBA untuk men-deteksi suara dalam skala pendengaran manusia, sementara dB untuk skala semua suara.
Sound Sensor dapat mengukur kekerasan suara hingga 90 dB. Kekerasan suara sangat kompleks. Keluaran dari sensor ini dibaca dalam prosentase. Prosentase yang rendah menunjukkan suara yang lembut. Sebagai contoh: 4-5% seperti ruang tamu yang hening, 5-10% untuk sebuah pembicaraan pada jarak tertentu, 10-30% untuk pembicaraan yang dekat dengan sensor atau musik dalam volume normal. 30-100% untuk teriakan atau musik yang dimainkan dalam volume tinggi.

Light Sensor
Kita dapat menggunakan Light Sensor untuk membuat robot anti pencuri: ketika penyusup menyalakan lampu, robot akan bereaksi untuk mengamankan properti. Kita dapat juga menggunakan Light Sensor untuk membuat robot penjejak garis (line following) atau robot yang dapat men-sortir benda berdasarkan warna.




Ultra Sonic / Distance Sensor
Ultra Sonic Sensor merupakan satu dari dua sensor yang memungkinkan robot “melihat”. Ultra Sonic Sensor membuat robot dapat melihat dan men-deteksi objek. Kita dapat menggunakannya agar robot dapat menghindari penghalang, mengindera dan mengukur jarak, dan men-deteksi pergerakan.
Ultra Sonic Sensor mengukur jarak dalam centimeter dan inch, dan memiliki kemampuan untuk mengukur jarak 0-255 cm dengan ketelitian +/- 3 cm.
Ultra Sonic Sensor menggunakan prinsip ilmiah seperti kelelawar, yang mengukur jarak berdasarkan waktu yang diperlukan oleh gelombang suara untuk mengenai benda dan kembali, seperti sebuah echo.
Objek berukuran besar dengan permukaan keras, akan memberikan pembacaan yang baik. Objek yang terbuat dari fabric atau berbentuk spherical seperti bola atau sangat tipis atau kecil, akan sulit untuk di-deteksi.
Servo Motor
Tiga Servo Motor yang disediakan memberikan kemampuan bergerak pada robot. Jika kita menggunakan Move Block dalam Mindstorms NXT Education Software untuk memprogram motor, dua motor akan di-sinkronkan secara otomatis, sehingga robot dapat bergerak dalam sebuah garis lurus.
Setiap motor memiliki Rotational Sensor yang tertanam di dalamnya. Sensor ini memungkinkan kita untuk mengendalikan pergerakan robot secara presisi. Rotation Sensor mengukur rotasi motor dalam degree atau rotasi (akurasi +/- 1 degree). Satu rotasi sama dgn 360 degree, sehingga bila kita mengatur motor untuk berputar 180 degree, maka sumbu motor akan berputar setengah putaran.
Rotation Sensor dalam setiap motor juga memungkinkan kita untuk mengatur perbedaan kecepatan.Silahkan mencobanya.


By: NXT Lego Mindstorm

No comments:

Post a Comment