Saturday, July 24, 2010

Mengapa Lego Mindstorms NXT Education?

Banyak sekali produk robot edukasi yang ada di pasaran, terutama produk impor. Pertanyaannya, dari sekian banyak pilihan pilihan produk impor yang ada, mengapa memilih Lego Mindstorms NXT Education? Mengapa tidak disarankan untuk memilih produk lain?

Pertama, ada kata Education dalam Lego Mindstorms NXT Education. Ini berarti, produk ini memang diperuntukkan bagi pendidikan. Seluruh komponen dan software yang disediakan, sudah mendukung sejumlah projek dalam konteks pembelajaran, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.


Kedua, perusahaan Lego sendiri sudah lama eksis dan mendunia, terutama di dunia anak-anak, dengan produk Lego Bricks yang sangat terkenal. Jadi, mereka yang sudah mengenal Lego, pasti tidak akan kesulitan saat membangun robot dengan set Mindstorms NXT, mengingat mayoritas komponennya adalah Lego Technic. Dengan demikian, komponen dari Lego Technic pun bisa digunakan untuk menyempurnakan robot yang dibuat.

Ketiga, Lego Mindstorms NXT Education merupakan produk yang digunakan sebagai referensi oleh Microsoft dalam mengembangkan produk Microsoft Robotics Studio.

Keempat, institusi pendidikan tinggi ternama, seperti Carnegie Mellon University, yang sangat terkenal dengan jurusan robotika-nya, mengembangkan kurikulum dan materi pembelajaran berdasarkan Lego Mindstorms NXT Education.

Kelima, Lego Mindstorms NXT Education dapat diprogram dengan berbagai bahasa pemrograman. Dengan NXT-G yang sederhana berbasis grafis, NXC yang mirip Bahasa C, RobotC yang 100% Bahasa C, Bahasa Java, dan yang lainnya.

Keenam, sebelum memasuki Lego Mindstorms NXT Education, Lego sudah menyediakan sejumlah produk pra robotik. Dengan mengikuti langkah ini, anak-anak yang masih kecil pun dapat memasuki dunia robotik dengan lancar dan menyenangkan.

Ketujuh, Next System Robotics Learning Center menyediakan local support, serta memberikan garansi resmi dan diakui secara nasional, atas setiap komponen elektronik Lego Mindstorms NXT Education yang dijualnya.

Kedelapan, Next System Robotics Learning Center menyelenggarakan pelatihan yang sarat dengan muatan edukasi dalam berbagai program / kelas pelatihan yang diselenggarakannya, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, mulai dari anak usia 8 tahun hingga orang dewasa.


No comments:

Post a Comment